Rabu, 14 Mei 2014

Sekilas tentang Ilmu Tanah

Apa sih "Ilmu Tanah"?

Banyak yang masih asing ternyata dengan jurusan yang satu ini, tidak kalah banyak pula yang masih bingung dan sibuk menerka-nerka apa sebenarnya yang ada di dalamnya (Ilmu Tanah). Ada yang mengira Ilmu Tanah itu berkaitan dengan hukum dan politik pertanahan (agraria), ada juga yang mengira kalau ilmu tanah itu gabungan teknik sipil dan teknik geologi, dan sisanya menebak kalau yang namanya ilmu tanah ya pasti tidak jauh-jauh dari pertanian.



Akan tetapi secara sederhana, sebenarnya posisi ilmu tanah berada pada 2 konsentrasi keilmuan, yaitu termasuk dalam bidang ilmu kebumian (satu rumpun dengan Geologi & Geografi) dan bidang ilmu pertanian. Mata kuliah yang didapat juga terbagi pada dua konsentrasi tersebut, sehingga seorang sarjana dari jurusan ilmu tanah cukup lengkap membekali dirinya dengan kedua konsentrasi tersebut. Maka bidang kerja yang dapat dimasuki juga bersifat lintas bidang, antara lain:

  1. Bidang Pertanian, meliputi: fisika-biologi-kimia kesuburan tanah, bioteknologi pupuk, pertanian perkotaan.
  2. Bidang Geografi, meliputi: sistem informasi lahan (SIG), pengembangan wilayah, ilmu tanah regional.
  3. Bidang Lingkungan, meliputi: ekologi, kualitas tanah, analisis tanah-air-tanaman, konservasi tanah-air.
  4. Bidang Pertambangan, meliputi: reklamasi lahan tambang.
  5. Bidang Geologi, meliputi: agrogeologi, mineralogi tanah.
  6. Bidang Agrobisnis, meliputi: manajemen agrobisnis, kewirausahaan.
  7. Bidang Keairan, meliputi: agrohidrologi, pengelolaan air, Daerah Aliran Sungai.
  8. Bidang Agraria, meliputi: ilmu ukur tanah dan kartografi, UU pertanahan.

Penjelasan secara umumnya, ilmu tanah merupakan pengkajian terhadap tanah sebagai sumber daya alam. Dalam ilmu ini dipelajari berbagai aspek tentang tanah, seperti pembentukan, klasifikasi, pemetaan, berbagai karakteristik fisik, kimiawi, biologis, kesuburannya, sekaligus mengenai pemanfaatan dan pengelolaannya. Tanah adalah lapisan yang menyeliputi bumi antara litosfer (batuan yang membentuk kerak bumi) dan atmosfer. Tanah menjadi tempat tumbuh tumbuhan dan mendukung kehidupan hewan dan manusia.

Ilmu tanah dipelajari oleh berbagai bidang ilmu pengetahuan, seperti ilmu-ilmu keteknikan (rekayasa), agronomi/pertanian, kimia, geologi, geografi, ekologi, biologi (termasuk cabang-cabangnya), ilmu sanitasi, arkeologi, dan perencanaan wilayah. Akibat banyaknya pendekatan untuk mengkaji tanah, ilmu tanah bersifat multidisiplin dan memiliki sisi ilmu murni maupun ilmu terapan.

Ilmu tanah dibagi menjadi dua cabang utama: pedologi dan edafologi. Pedologi mempelajari tanah sebagai objek geologi. Edafologi, atau ilmu kesuburan tanah, mempelajari tanah sebagai benda pendukung kehidupan. Keduanya menggunakan alat-alat dan sering kali juga metodologi yang sama dalam mempelajari tanah, sehingga muncul pula disiplin ilmu seperti fisika tanah, kimia tanah, biologi tanah (atau ekologi tanah), serta ilmu konservasi tanah. Karena tanah juga memiliki aspek ketataruangan dan sipil, berkembang pula disiplin seperti mekanika tanah, pemetaan (kartografi), geodesi dan survei tanah, serta pedometrika atau pedostatistika. Penggunaan informatika juga melahirkan beberapa ilmu campuran seperti geomatika.

Nah begitulah kira-kira gambaran sederhana dan yang umum dari ilmu tanah saat ini, untuk seterusnya akan lebih jelas jika kita sudah berkecimpung dalam Ilmu Tanah itu sendiri. Satu kata yang menjadi khas dan pembeda Ilmu tanah dengan jurusan lain yang ada di fakultas pertanian, yakni "Adventure". Bukan orang ilmu tanah namanya jika mereka tidak suka pergi jalan-jalan, naik gunung-turun gunung, melewati hutan, menerjang sungai, dll.


VIVA SOIL! SOIL SOLID!

3 komentar:

  1. apakah di prodi ilmu tanah UNS ada alaumni yg berasal dari lampung kak?

    BalasHapus
  2. apakah lulusan prodi ilmu tanah di uns ada yang menyandang predikat cumlaude kak?

    BalasHapus
  3. aCari TiketPesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memilikipotensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI HUBUNGI:
    No handphone :085365566333
    PIN : 5A298D36

    Segera Mendaftar Sebelum Terlambat. !!!

    BalasHapus