Minggu, 05 Oktober 2014

Kenalkan Ilmu Tanah Lewat PADAS 1

Tahun ajaran baru selalu identik dengan yang namanya Masa Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (ospek). Ospek merupakan momentum bersejarah bagi setiap siswa yang memasuki pintu gerbang perguruan tinggi. Ospek dengan seluruh rangkaian acaranya merupakan awal pembentukan watak bagi seorang mahasiswa – mahasiswi baru. Dengan kata lain bahwa baik tidaknya kepribadian mahasiswa di sebuahperguruan tinggi sedikit banyak ditentukan oleh baik tidaknya pelaksanaan Ospek di perguruan tinggi tersebut. 

PADAS 1 adalah ospek mahasiswa program studi Ilmu Tanah angkatan 2014 yang dilaksanakan pada tanggal 27-28 september di daerah Sekipan, Tawangmangu, Karanganyar. Sebagai wadah pengakraban antar angkatan yang di adakan oleh KMIT (Keluarga Mahasiswa Ilmu Tanah). Acara yang bersemboyan Aktif! Kreatif! Solid! Top Generation! ini bersifat wajib bagi semua mahasiswa baru angkatan 2014, karena di dalam PADAS akan dijelaskan semua hal mengenai Ilmu Tanah termasuk KMIT. 


Acara dilaksanakan pada hari sabtu dan minggu. Setelah pembukaan padas, hari pertama diawali oleh Bapak Drs. Joko Winarno M.Si dan Bapak Ir. Suryono M.P. Dosen-dosen yang telah hadir tersebut, mengisi acara dengan memberikan masukan-masukan untuk mahasiswa baru agar menjadi sosok mahasiswa yang memiliki peran aktif dalam hal organisasi maupun akademis. Kemudian dilanjutkan acara pengenalan KMIT oleh Sdr R. Bagus Janistra W dan Arikhna Rizqiyana F, dan diadakan responsi tulis untuk mahasiswa baru seputar penjelasan KMIT. Selain itu pengenalan dasar KMIT dan Fokushimiti oleh sdr Umi Barokah selaku koordinator BW 3 yang juga merupakan mantan pengurus aktif KMIT UNS. 

Pada hari kedua dilaksanakan outbond di daerah sekitar Sekipan, outbond kali ini memiliki lima pos dengan kemiringan yang cukup menanjak. Disetiap pos akan ada game meliputi Dragon Race, Estafet Belut, Waterboom, Debat, dan Spiderweb. Game-game tersebut mengajarkan kepada mahasiswa baru sebagai pelatihan kesabaran, kebersamaan, kemandirian, dan kerjasama antar tim, dan melatih kepemimpinan antar mahasiswa. Diakhir outbond, diisi oleh penyambutan mahasiswa baru Ilmu Tanah 2014 sebagai anggota baru KMIT UNS oleh alumni. 


Semoga PADAS 1 berhasil membentuk karakter mahasiswa Ilmu Tanah yang sebelumnya masih bermental siswa menjadi bermental mahasiswa dengan penyisipan nilai-nilai kemandirian, solid, kebersamaan dan kerjasama dalam setiap rangkaian acara PADAS 1.

2 komentar:

  1. Mantap, cuman kayaknya foto2 nya kurang banyak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak karena biar irit :3
      Makasih kakak ataskunjungannya ^^

      Hapus