Rabu, 17 September 2014

Upgrading KMIT 2014

Setiap orang pasti menginginkan suatu peningkatan, dari suatu keadaan yang lebih rendah menuju keadaan lainnya yang lebih tinggi. Tidak hanya manusia, suatu aplikasi saja untuk mencapai performa terbaiknya perlu diupgrade terlebih dahulu. Begitu juga dengan sebuah organisasi, dalam hal ini KMIT. Untuk memperbaiki kerja apa saja yang telah dilaksanakan dalam kepengurusan selama kurang lebih setengah periode sebelumnya, perlu dilakukan evaluasi kerja agar diperoleh pemecahan masalah atau solusi untuk diterapkan pada program kerja selanjutnya.

Upgrading suatu organisasi perlu dimulai dari upgrading masing-masing pengurus itu sendiri. Jika tiap-tiap pengurus berhasil diupgrade, maka cepat atau lambat sebuah organisasi yang dijalankannya akan terupgrade juga. Tiap-tiap bidang dalam KMIT tentunya mempunyai tugas yang berbeda-beda, akan tetapi mempunyai tujuan yang sama, yaitu memajukan KMIT. Oleh sebab itu, upgrading kali ini dilaksanakan secara bersama untuk mengetahui bahwa antar bidang itu sebenarnya saling terkait.

Selama tiga hari kegiatan, Upgrading tidak dilaksanakan pada satu hari penuh saja, akan tetapi dibagi-bagi pada tiap hari. Pada hari pertama, upgrading diisi oleh Ibu Sri Hartati dan Bapak Mujiyo. Ibu Sri Hartati mengisi acara dengan berdiskusi seputar kendala-kendala selama menjabat sebagai pengurus KMIT. Tidak hanya masalah organisasi, tetapi pertanyaan-pertanyaan seputar kuliah dan jurusan pun dijawab oleh beliau. Lain halnya dengan Pak Mujiyo, beliau mengajak peserta bermain game yang dapat menebak karakter seseorang berdasarkan quesioner. Game ini penting untuk menyikapi tiap-tiap karakter sesorang dalam suatu organisasi.


Pada hari kedua, agenda Upgrading diisi oleh DP-KMIT, ada mbak Nunik, mas Yuksan, dan mas Raisa. Mereka juga mengisi acara dengan berdiskusi. Sebagai mantan pengurus yang pernah mengemudikan KMIT, tentunya banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik seputar keorganisasian. Pada kesempatan kali ini, tiap-tiap Kabid dan staffnya mengemukakan permasalahan selama menjadi pengurus, kemudian DP-KMIT memberikan masukan-masukan dan solusi pemecahan masalah. Sharing pengalaman berorganisasi juga sangat penting untuk menjadikan kita semakin tanggap dalam menghadapi permasalahan.


Hari terakhir acara, Upgrading diisi oleh saudari Novi Rahmawati yang merupakan pengurus KMIT periode ini. Upgrading kali ini lebih mengarah kepada ilmu pengetahuan dan skill. Sebagai Kabid 3, ia menjelaskan tentang Program Kreativitas Mahasiswa mengingat mulai semester tiga ini merupakan waktu yang tepat dalam membuat PKM. 



0 komentar:

Posting Komentar